Home

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, Universitas Udayana telah melakukan banyak perubahan dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Perubahan yang paling penting adalah cara pandang pihak pimpinan universitas terhadap TIK. Pimpinan universitas tidak lagi memandang teknologi ini sebagai hanya alat bantu untuk menyelesaikan tugas rutin seperti mengetik atau menggunakan spread sheet untuk membuat laporan. Lebih dari itu, TIK tidak hanya dianggap penting untuk meningkatkan efisiensi kerja, tapi juga sebagai suatu sistem yang bisa meningkatkan mutu dan prestise universitas. Pemanfaatan teknologi informasi telah berkembang dengan pesat, dimana hampir seluruh unit kerja, baik untuk kepentingan administrasi atau akademik seperti jurusan, laboratorium, dan pusat penelitian telah menggunakan fasilitas yang disediakan oleh universitas.

Salah satu laboratorium yang telah sering menggunakan fasilitas ini adalah Laboratorium Bioteknologi Pertanian, Universitas Udayana. Beberapa video conference dan seminar telah dilakukan dengan pihak luar untuk meningkatkan pengetahuan dalam bidang ilmu terkait. Disamping itu pengembangan bidang Bioteknologi mendapat prioritas yang khusus karena Bioteknologi dijadikan salah satu bidang unggulan Universitas Udayana.
Laboratorium Bioteknologi Pertanian, Universitas Udayana memiliki keunggulan SDM dalam bidang Bioteknologi Pertanian terutama yang berhubungan dengan tanaman dan mikroba tanaman. Mereka terdiri dari 9 orang dengan satu orang Guru Besar, 4 orang Doktor lulusan Jepang, 2 orang Doktor lulusan Australia, 1 orang Doktor lulusan Inggris, 1 orang Doktor lulusan dalam negeri, dan 2 orang Master lulusan dalam negeri. Mereka memiliki jaringan kerjasama (networking) yang luas di dalam dan luar negeri dalam bidang ilmunya masing-masing yaitu Bioteknologi khususnya bioteknologi tanaman dan mikroba.

Pembelajaran secara on-line (e-learning) merupakan jejaring dan alat diseminasi yang sangat kuat bagi ilmu pengetahuan. Dalam e-learning, modul yang sama dapat diakses dalam bentuk yang sama oleh semua siswa yang mengaksesnya. Laboratorium Bioteknologi, Universitas Udayana, merupakan laboratorium yang unggul yang terbukti dari jumlah dana penelitian yang dimenangkan oleh para peneliti di Laboratorium tersebut dan jumlah publikasi nasional dan internasional yang telah dihasilkan. Oleh karena itu Laboratorium Bioteknologi memiliki kapasitas untuk mengembangkan pembelajaran secara e-learning.

Terdapat lima bidang konten yang akan dikembangkan yaitu pengembangan e-learning untuk mata kuliah: (1) Kultur Jaringan Tanaman, (2) Biologi Sel, (3) Bioteknologi Tanaman, (4) Analisis Molekuler (5) Genetika dan Pemuliaan Tanaman. Selain mata kuliah, dikembangkan juga virtual lab meliputi modul – modul kegiatan praktikum virtual yang berkaitan dengan mata kuliah tersebut diatas.

Kelima bidang konten yang akan dikembangkan tersebut diputuskan berdasarkan diskusi para peneliti di Laboratorium Bioteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana dengan mengacu pada kepakaran masing-masing peneliti dan fasilitas dasar yang ada. Disamping itu ke lima bidang konten ini merupakan bidang-bidang yang mesti harus ada dan menjadi kecendrungan pengembangan Bioteknologi Pertanian.

Konten yang akan dikembangkan ini akan digunakan oleh beberapa jurusan yang berhubungan dengan bioteknologi tanaman dan mikroba di lingkungan Universitas Udayana antara lain S1 Jurusan Biologi, Jurusan Farmasi, Jurusan Kimia, Pertanian, Perternakan, S2 Bioteknologi, S3 Bio-medik. Disamping itu diperuntukan juga bagi universitas lain seperti Universitas Nusa Cendana, Universitas Mataram, Universitas Samratulangi, Universitas Tadulako, Universitas Hasanuddin, Universitas Jember, dan Universitas Brawijaya.