DIRGAHAYU UNIVERSITAS UDAYANA

DIRGAHAYU UNIVERSITAS UDAYANA KE 52 29 SEPTEMBER 2014                         MEMPERHATIKAN BEBERAPA GAMBAR DIATAS DAN ANCUNGAN JEMPOL DARI BAPAK REKTOR YANG DIDAMPINGI DUA KEPALA More »

Lomba Vertikultur HUT FP ke-47 dan BKFP ke-36

Kamis 28 Agustus 2014 bertempat di Kebun Percobaan Pegok Fakultas Pertanian UNUD, diadakan lomba vertikultur antar organisasi kemahasiswaan Fakultas Pertanian (OKFP). Beragam ide dan kreasi unik dari para tim OKFP peserta lomba More »

Dua Dosen FP sebagai Peneliti Berprestasi 2012

Pada pemilihan peneliti berprestasi Universitas Udayana 2012, dua penghargaan diperoleh dosen Fakultas Pertanian. Keduanya adalah I Putu Sudiarta, SP.,M.Si.,Ph.D sebagai penerima penghargaan peneliti terbaik I untuk kategori eksata yunior dan Dr. Ir. More »

Hasil Akreditasi PS Agroekoteknologi dan Agribisnis memperoleh nilai A

Kedua Program Studi di Fakultas Pertanian Unud, yaitu Agroekoteknologi dan Agribisnis memperoleh nilai A hasil akreditaso BAN-PT tahun 2012 berdasarkan SK BAN-PT no 017 tahun 2012. Informasi lebih detail tentang hasil akreditas More »

Plagiat dan Info Penting Lainnya

Plagiat Cara mengacu kepustakaan dan plagiarisme Plagiarism: http://luk.tsipil.ugm.ac.id/plagiarism Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia QS Asian University Rankings 2011 QS Stars 2011 in Indonesia WEBOMETRICS July 2011 Thomson Reuters 2011 Versi 4icu January 2012 More »

Serba Serbi Journal, E-Journal, E-Book

Kriteria Jurnal Internasional Kumpulan Jurnal Direktori Situs terkait Komputasi ( 655 situs ) 16 Jurnal Nasional online Garda Rujukan Digistal, berisi jurnal domestik, tugas akhir mahasiswa, hasil penelitian dosen E-learning Perguruan Tinggi More »

Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah

Permendiknas no. 22 Tahun 2011: Terbitan Berkala Ilmiah (versi scan, situs asli) SK Dirjen Dikti no. 49/Dikti/Kep/2011: Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (versi scan, situs asli) Surat Edaran Direktur P2M no. 1313/E5.4/LL/2011: Pedoman More »

Pedoman Angka Kredit Dosen

Pedoman operasional perhitungan angka kredit dosen 2010 atau http://www.dikti.go.id/dmdocuments/PEDOMAN%20OPERASIONAL%202009_New.pdf Dasar Hukum Kepmenkowasbangpan No. 38/KEP/MK.WASPAN/8/1999 tentang jabatan fungsional Dosen dan angka kreditnya Keputusan Bersama No.61409/MPK/KP/99 dan 181 tahun 1999 tentang Petunjuk pelaksanaan jabatan More »

Info Serdos

Dasar Hukum UU. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Penjelasannya) UU no. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (situs asli) PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan PP No. 37 tahun 2009 tentang More »

Gelar Akademik dan Sebutan Profesional

Kepmendiknas No. 178/U/2001: Gelar dan Lulusan Perguruan Tinggi (pdf) Lampiran Kepmendikbud yang berisi Daftar jenis gelar akademik Sarjana, Magister dan Sebutan Profesi Surat Penataan Nomenklatur Program Studi Psikologi, Komunikasi, Komputer dan Lanskap More »

Info Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Informasi Hibah Penelitian Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (Rapid). Panduan Hibah Bersaing Panduan Penelitian Fundamental Panduan Hibah Penelitian Strategis Prioritas Panduan Penelitian Unggulan Strategis Nasional 2011 Panduan Hibah Pasca Panduan Hibah More »

Info Tugas Belajar dan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Tugas Belajar dan Ijin Belajar Pembayaran Tunjangan Profesi bagi Dosen yang Studi Lanjut dengan Biaya Sendiri Lampiran Pernyataan Studi Lanjut Biaya Sendiri Studi lanjut bagi PNS Dosen dalam kaitannya dengan kenaikan jabatan, More »

Info Beasiswa

Beasiwa Dikti: Dalam Negeri Luar Negeri Beasiswa unggulan Kemdiknas Buku Panduan Beasiswa Unggulan Tahun 2011 Website Beasiswa Terpadu Dikti Indonesian-Germany Doctoral Scholarship (IGDS) Info Beasiswa S1/S2/S3 dalam dan luar negeri (di luar More »

Pembinaan Karir Jabatan Dosen

Pembinaan Karier Jabatan Dosen Pedoman Beban Kerja Dosen 2010 Lampiran beban kerja Dosen Beban Kerja Normal Petunjuk Pemakaian Perangkat Lunak Laporan Beban Kerja Dosen versi 7 Juni 2010, Ditjen Dikti Kemendiknas tahun More »

Beban Kerja Dosen

Pedoman Beban Kerja Dosen 2010 Lampiran beban kerja Dosen Beban Kerja Normal Petunjuk Pemakaian Perangkat Lunak Laporan Beban Kerja Dosen versi 7 Juni 2010, Ditjen Dikti Kemendiknas tahun 2010 Aplikasi Beban Kerja More »

Info Simak Online

Mulai semester ganjil 2013, Fakultas Pertanian akan menerapkan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Akademik (Simak) secara online penuh. Apa bedanya dengan sistem pegisian KRS sebelumnya? Perbedaan yang paling menonjol adalah dulu mahasiswa mengisi KRS secara manual, kemudian dikumpul ke bagian akademik di Fakultas. Selanjutnya bagian akademik fakultas yang meng-entry mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa yang bersangkutan. Dengan sistem lama ini, beban kerja bagian akademik menjadi berat, disamping keleluasaan mahasiswa dalam pengisian KRS menjadi terbatas.

Dengan Simak online penuh, KRS akan diinputkan sendiri oleh mahasiswa. Demikian juga halnya dengan pencetakan kartu hasil studi (KHS), dan yang lainnya. Hal ini tentu akan mengurangi beban kerja bagian akademik fakultas, sehingga dapat mengerjakan pekerjaan yang lain. Yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja pegawai.

Disisi mahasiswa, Simak online penuh dapat meningkatkan keleluasaan mahasiswa dalam pengisian KRS. Mahasiswa tidak harus datang ke kampus untuk mengisis KRS. Melainkan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja pada batas waktu yang ditetapkan. Asalkan, mahasiswa telah memenuhi persyaratan dalam pengisian KRS, seperti pembayaran SPP, bimbingan dengan pembimbing akademik (PA) dan sebagainya.

Mengingat penerapan Simak online penuh ini baru pertama kali dilakukan, Dekanat akan melakukan beberapa persiapan untuk memudahkan mahasiswa, diantaranya sosialisasi tentang cara penggunaan Simak online penuh, pembuatan standar operasioal prosedur (SOP), dan penyediaan bantuan bila diperlukan (help desk).

1. Sosialisasi Simak online penuh

Sosialisasi pengunaan simak oleh mahasiswa akan dilakukan pada tanggal 10 Juni 2013, jam 10.00 wita, bertempat di gedung GDLN, Jl. PB Sudirman, Denpasar.

Mengingat keterbatasan tempat yang ada (hanya 50 orang), tidak semua mahasiswa dapat ikut dalam sosialisasi tersebut. Oleh sebab itu diharapkan ada perwakilan dari masing-masing program studi dan angkatan (25 orang dari PS Agroekoteknologi dan 25 orang dari PS Agribisnis). Disamping itu, mahasiswa diharapkapkan membawa laptop sendiri. Laptop tersebut harus sudah didaftarkan di GDLN agar bisa digunakan untuk mengakses internet kampus.

Dalam sosialisasi tersebut, mahasiswa akan diberikan penjelasan dan praktek secara langsung tentang cara penggunaan Simak online, dan akan diberikan langsung oleh pengembang program Simak dari GDLN.

2. SOP Pelaksanaan Simak Online

Dalam pelaksanaan Simak online, langkah-langkah yang mesti diikuti oleh mahasiswa seperti pada bagan alir di bawah ini.

  1. Dalam pengisian KRS secara online melalui SIMAK Unud, mahasiswa harus mengikuti alur yang telah ditentukan dan pada waktu yang telah ditetapkan. Pengisisan KRS tidak dapat dilakukan di luar batas waktu tersebut.
  2. Mahasiswa harus menggunakan kurikulum terbaru yang dikeluarkan oleh Fakultas Pertanian dalam pengisian KRS. Download kurikulum.
  3. Nilai mata kuliah semester sebelumnya digunakan sebagai dasar dalam penentuan jumlah SKS yang akan diambil, dan harus dikumpul setelah pengisian KRS online.
  4. Peran PA harus tetap dioptimalkan dalam penentuan dan persetujuan jumlah mata kuliah dan SKS yang akan diambil oleh mahasiswa. PA dapat tidak menandatangai KRS mahasiswa apabila mahasiswa tersebut mengambil mata kuliah tanpa persetujuan PA.
  5. Jumlah SKS yang dapat diambil mahasiswa tergantung dari Indek Prestasi (IP) semester sebelumnya, dengan ketentuan sebagai berikut:
IP Sementer sebelumnya Jumlah maksimal SKS
yang dapat diambil
≥ 3,0 24
2,5 – 2,9 20
2,0 – 2,4 17
< 2,0 14
  • Bila suatu mata kuliah ada prasarat pengambilan mata kuliah lain, prasarat harus diambil terlebih dahulu dengan nilai minimal D.
  • Apabila mahasiswa mengambil mata kuliah yang sama lebih dari sekali, maka nilai yang digunakan adalah nilai yang tertinggi.
  • Bila terjadi kegagalan entrydata dalam pengisian KRS on-line karena kegagalan sistem, maka mahasiswa diharapkan melakukan tindakan sebagai berikut:
  1. Fotocopy KRS tersebut dan lingkari mata kuliah yang gagal entry.
  2. Serahkan ke bagian akademik Fakultas.
  3. Administrator akan membantu melakukan entry terhadap mata kuliah yang gagal entry tersebut.

3. Help Desk

Bila mahasiswa mengalami kendala dalam menjalankan Simak online dalam pengisian KRS dapat meminta bantuandengan mengirim email ke fpunud@gmail.com, atau melakukan kontak melalui SMS atau telpon ke:

  • Dewa Ayu Arioka , Bagian akademik Fakultas Pertanian (08179761991)
  • Ni Luh Tika Handayani, A.Md., Bagian akademik Fakultas Pertanian (087860004446)
  • Ni Made Kusmayanti, A.Md. (085737284444)
  • Ir. Cok GA Semarajara, M.S., IT Fakultas Pertanian Unud (08179720757)
  • I Made Sukewijaya, S.Si., M.Sc., IT Fakultas Pertanian Unud (08179708272)
  • I Wayan Nuarsa., IT Fakultas Pertanian Unud (08179786196)

Download tutorial SIMAK online