Pengumuman Pengunduran Diri Supervisor

Kepada para supervisor/pemantau kegiatan Upsus Pajale di Provinsi Bali, mohon membaca surat terkait pengunduran diri sebagai supervisor/pemantau berikut …   Pengumuman Pengunduran Diri Supervisor More »

Bimbingan Teknis Upsus PP Pajale

Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka kegiatan “Pendampingan Mahasiswa pada Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung, dan Kedele” diselenggarakan merupakan kegiatan pembekalan kepada para pendamping (mahasiswa dan alumni) yang akan diterjunkan ke lokasi More »

Bimbingan Teknis Pendampingan Mahasiswa PP Pajale

Kepada para Pendamping Mahasiswa dalam rangka Peningkatan Produksi Padi, Jagung, dan Kedele bahwa BIMBINGAN TEKNIS (Bimtek) dilaksanakan selama 5 (lima) hari yaitu pada tanggal 29, 30 April, 4, 5, dan 6 Mei More »

Pengumuman Kelulusan Pendamping

Dengan hormat, sehubungan telah dilakukannya seluruh rangkaian perekrutan tenaga pendamping Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung, dan Kedele, berikut disampaikan nama-nama calon pendamping yang dinyatakan LULUS seleksi … More »

Training of Master Trainer UPSUS PP Pajale

Program pendampingan mahasiswa dalam upaya khusus (UPSUS) peningkatan produksi padi, jagung, dan kedele dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang telah ditentukan oleh Kementan. Pada tahun 2015, program pendampingan melibatkan 5 STPP dan 14 More »

Tes Wawancara Pendampingan Mahasiswa

PENGUMUMAN TES WAWANCARA Diumumkan kepada seluruh calon pendamping yang namanya tercantum dalam lampiran surat ini agar hadir pada tes wawancara yang akan diselenggarakan pada: Hari/tanggal : Jumat, 17 April 2015 Waktu : More »

Perubahan Jadwal Wawancara Pendampingan UPSUS

Berhubung terjadi pengunduran jadwal TOMT dan TOT serta penjelasan teknis pelaksanaan UPSUS dari Koordinator Pusat dan Wilayah maka jadwal wawancara calon peserta juga DIUNDUR. Pelaksanaan wawancara rencananya akan dilakukan pada hari Jumat, More »

Perpanjangan Penyerahan Formulir Pendampingan

Bagi yang berminat menjadi mahasiswa pendamping UPSUS Peningkatan Produksi Pajale, masih diberi kesempatan menyerahkan formulir pendaftaran sampai dengan Hari Senin, tanggal 13 April 2015 jam 10 WITA. Bila ada yang membutuhkan informasi More »

Formulir dan Pernyataan

Bila ada yang berminat agar mengisi formulir pendaftaran dan surat pernyataan kesediaan.  Formulir dan Surat Pernyataan dapat diambil di Sekretariat atau diunduh dari website ini. Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan dapat diunduh More »

Pendampingan Mahasiswa dalam Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung, dan Kedele

LOWONGAN – KESEMPATAN UNTUK MENJADI PENDAMPING KEGIATAN   Dibutuhkan sebanyak 51 orang mahasiswa dan alumni Fakultas Pertanian Universitas Udayana untuk dilibatkan dalam kegiatan “PENDAMPINGAN MAHASISWA DALAM UPAYA KHUSUS PENINGKATAN PRODUKSI PADI, JAGUNG, More »

DIRGAHAYU UNIVERSITAS UDAYANA

DIRGAHAYU UNIVERSITAS UDAYANA KE 52 29 SEPTEMBER 2014                         MEMPERHATIKAN BEBERAPA GAMBAR DIATAS DAN ANCUNGAN JEMPOL DARI BAPAK REKTOR YANG DIDAMPINGI DUA KEPALA More »

Lomba Vertikultur HUT FP ke-47 dan BKFP ke-36

Kamis 28 Agustus 2014 bertempat di Kebun Percobaan Pegok Fakultas Pertanian UNUD, diadakan lomba vertikultur antar organisasi kemahasiswaan Fakultas Pertanian (OKFP). Beragam ide dan kreasi unik dari para tim OKFP peserta lomba More »

Dua Dosen FP sebagai Peneliti Berprestasi 2012

Pada pemilihan peneliti berprestasi Universitas Udayana 2012, dua penghargaan diperoleh dosen Fakultas Pertanian. Keduanya adalah I Putu Sudiarta, SP.,M.Si.,Ph.D sebagai penerima penghargaan peneliti terbaik I untuk kategori eksata yunior dan Dr. Ir. More »

Hasil Akreditasi PS Agroekoteknologi dan Agribisnis memperoleh nilai A

Kedua Program Studi di Fakultas Pertanian Unud, yaitu Agroekoteknologi dan Agribisnis memperoleh nilai A hasil akreditaso BAN-PT tahun 2012 berdasarkan SK BAN-PT no 017 tahun 2012. Informasi lebih detail tentang hasil akreditas More »

Plagiat dan Info Penting Lainnya

Plagiat Cara mengacu kepustakaan dan plagiarisme Plagiarism: http://luk.tsipil.ugm.ac.id/plagiarism Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia QS Asian University Rankings 2011 QS Stars 2011 in Indonesia WEBOMETRICS July 2011 Thomson Reuters 2011 Versi 4icu January 2012 More »

Info Simak Online

Mulai semester ganjil 2013, Fakultas Pertanian akan menerapkan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Akademik (Simak) secara online penuh. Apa bedanya dengan sistem pegisian KRS sebelumnya? Perbedaan yang paling menonjol adalah dulu mahasiswa mengisi KRS secara manual, kemudian dikumpul ke bagian akademik di Fakultas. Selanjutnya bagian akademik fakultas yang meng-entry mata kuliah yang diambil oleh mahasiswa yang bersangkutan. Dengan sistem lama ini, beban kerja bagian akademik menjadi berat, disamping keleluasaan mahasiswa dalam pengisian KRS menjadi terbatas.

Dengan Simak online penuh, KRS akan diinputkan sendiri oleh mahasiswa. Demikian juga halnya dengan pencetakan kartu hasil studi (KHS), dan yang lainnya. Hal ini tentu akan mengurangi beban kerja bagian akademik fakultas, sehingga dapat mengerjakan pekerjaan yang lain. Yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja pegawai.

Disisi mahasiswa, Simak online penuh dapat meningkatkan keleluasaan mahasiswa dalam pengisian KRS. Mahasiswa tidak harus datang ke kampus untuk mengisis KRS. Melainkan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja pada batas waktu yang ditetapkan. Asalkan, mahasiswa telah memenuhi persyaratan dalam pengisian KRS, seperti pembayaran SPP, bimbingan dengan pembimbing akademik (PA) dan sebagainya.

Mengingat penerapan Simak online penuh ini baru pertama kali dilakukan, Dekanat akan melakukan beberapa persiapan untuk memudahkan mahasiswa, diantaranya sosialisasi tentang cara penggunaan Simak online penuh, pembuatan standar operasioal prosedur (SOP), dan penyediaan bantuan bila diperlukan (help desk).

1. Sosialisasi Simak online penuh

Sosialisasi pengunaan simak oleh mahasiswa akan dilakukan pada tanggal 10 Juni 2013, jam 10.00 wita, bertempat di gedung GDLN, Jl. PB Sudirman, Denpasar.

Mengingat keterbatasan tempat yang ada (hanya 50 orang), tidak semua mahasiswa dapat ikut dalam sosialisasi tersebut. Oleh sebab itu diharapkan ada perwakilan dari masing-masing program studi dan angkatan (25 orang dari PS Agroekoteknologi dan 25 orang dari PS Agribisnis). Disamping itu, mahasiswa diharapkapkan membawa laptop sendiri. Laptop tersebut harus sudah didaftarkan di GDLN agar bisa digunakan untuk mengakses internet kampus.

Dalam sosialisasi tersebut, mahasiswa akan diberikan penjelasan dan praktek secara langsung tentang cara penggunaan Simak online, dan akan diberikan langsung oleh pengembang program Simak dari GDLN.

2. SOP Pelaksanaan Simak Online

Dalam pelaksanaan Simak online, langkah-langkah yang mesti diikuti oleh mahasiswa seperti pada bagan alir di bawah ini.

  1. Dalam pengisian KRS secara online melalui SIMAK Unud, mahasiswa harus mengikuti alur yang telah ditentukan dan pada waktu yang telah ditetapkan. Pengisisan KRS tidak dapat dilakukan di luar batas waktu tersebut.
  2. Mahasiswa harus menggunakan kurikulum terbaru yang dikeluarkan oleh Fakultas Pertanian dalam pengisian KRS. Download kurikulum.
  3. Nilai mata kuliah semester sebelumnya digunakan sebagai dasar dalam penentuan jumlah SKS yang akan diambil, dan harus dikumpul setelah pengisian KRS online.
  4. Peran PA harus tetap dioptimalkan dalam penentuan dan persetujuan jumlah mata kuliah dan SKS yang akan diambil oleh mahasiswa. PA dapat tidak menandatangai KRS mahasiswa apabila mahasiswa tersebut mengambil mata kuliah tanpa persetujuan PA.
  5. Jumlah SKS yang dapat diambil mahasiswa tergantung dari Indek Prestasi (IP) semester sebelumnya, dengan ketentuan sebagai berikut:
IP Sementer sebelumnya Jumlah maksimal SKS
yang dapat diambil
≥ 3,0 24
2,5 – 2,9 20
2,0 – 2,4 17
< 2,0 14
  • Bila suatu mata kuliah ada prasarat pengambilan mata kuliah lain, prasarat harus diambil terlebih dahulu dengan nilai minimal D.
  • Apabila mahasiswa mengambil mata kuliah yang sama lebih dari sekali, maka nilai yang digunakan adalah nilai yang tertinggi.
  • Bila terjadi kegagalan entrydata dalam pengisian KRS on-line karena kegagalan sistem, maka mahasiswa diharapkan melakukan tindakan sebagai berikut:
  1. Fotocopy KRS tersebut dan lingkari mata kuliah yang gagal entry.
  2. Serahkan ke bagian akademik Fakultas.
  3. Administrator akan membantu melakukan entry terhadap mata kuliah yang gagal entry tersebut.

3. Help Desk

Bila mahasiswa mengalami kendala dalam menjalankan Simak online dalam pengisian KRS dapat meminta bantuandengan mengirim email ke fpunud@gmail.com, atau melakukan kontak melalui SMS atau telpon ke:

  • Dewa Ayu Arioka , Bagian akademik Fakultas Pertanian (08179761991)
  • Ni Luh Tika Handayani, A.Md., Bagian akademik Fakultas Pertanian (087860004446)
  • Ni Made Kusmayanti, A.Md. (085737284444)
  • Ir. Cok GA Semarajara, M.S., IT Fakultas Pertanian Unud (08179720757)
  • I Made Sukewijaya, S.Si., M.Sc., IT Fakultas Pertanian Unud (08179708272)
  • I Wayan Nuarsa., IT Fakultas Pertanian Unud (08179786196)

Download tutorial SIMAK online