Dua Dosen FP sebagai Peneliti Berprestasi 2012

Pada pemilihan peneliti berprestasi Universitas Udayana 2012, dua penghargaan diperoleh dosen Fakultas Pertanian. Keduanya adalah I Putu Sudiarta, SP.,M.Si.,Ph.D sebagai penerima penghargaan peneliti terbaik I untuk kategori eksata yunior dan Dr. Ir. More »

Hasil Akreditasi PS Agroekoteknologi dan Agribisnis memperoleh nilai A

Kedua Program Studi di Fakultas Pertanian Unud, yaitu Agroekoteknologi dan Agribisnis memperoleh nilai A hasil akreditaso BAN-PT tahun 2012 berdasarkan SK BAN-PT no 017 tahun 2012. Informasi lebih detail tentang hasil akreditas More »

Plagiat dan Info Penting Lainnya

Plagiat Cara mengacu kepustakaan dan plagiarisme Plagiarism: http://luk.tsipil.ugm.ac.id/plagiarism Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia QS Asian University Rankings 2011 QS Stars 2011 in Indonesia WEBOMETRICS July 2011 Thomson Reuters 2011 Versi 4icu January 2012 More »

Serba Serbi Journal, E-Journal, E-Book

Kriteria Jurnal Internasional Kumpulan Jurnal Direktori Situs terkait Komputasi ( 655 situs ) 16 Jurnal Nasional online Garda Rujukan Digistal, berisi jurnal domestik, tugas akhir mahasiswa, hasil penelitian dosen E-learning Perguruan Tinggi More »

Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah

Permendiknas no. 22 Tahun 2011: Terbitan Berkala Ilmiah (versi scan, situs asli) SK Dirjen Dikti no. 49/Dikti/Kep/2011: Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (versi scan, situs asli) Surat Edaran Direktur P2M no. 1313/E5.4/LL/2011: Pedoman More »

Pedoman Angka Kredit Dosen

Pedoman operasional perhitungan angka kredit dosen 2010 atau http://www.dikti.go.id/dmdocuments/PEDOMAN%20OPERASIONAL%202009_New.pdf Dasar Hukum Kepmenkowasbangpan No. 38/KEP/MK.WASPAN/8/1999 tentang jabatan fungsional Dosen dan angka kreditnya Keputusan Bersama No.61409/MPK/KP/99 dan 181 tahun 1999 tentang Petunjuk pelaksanaan jabatan More »

Info Serdos

Dasar Hukum UU. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Penjelasannya) UU no. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (situs asli) PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan PP No. 37 tahun 2009 tentang More »

Gelar Akademik dan Sebutan Profesional

Kepmendiknas No. 178/U/2001: Gelar dan Lulusan Perguruan Tinggi (pdf) Lampiran Kepmendikbud yang berisi Daftar jenis gelar akademik Sarjana, Magister dan Sebutan Profesi Surat Penataan Nomenklatur Program Studi Psikologi, Komunikasi, Komputer dan Lanskap More »

Info Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Informasi Hibah Penelitian Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (Rapid). Panduan Hibah Bersaing Panduan Penelitian Fundamental Panduan Hibah Penelitian Strategis Prioritas Panduan Penelitian Unggulan Strategis Nasional 2011 Panduan Hibah Pasca Panduan Hibah More »

Info Tugas Belajar dan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Tugas Belajar dan Ijin Belajar Pembayaran Tunjangan Profesi bagi Dosen yang Studi Lanjut dengan Biaya Sendiri Lampiran Pernyataan Studi Lanjut Biaya Sendiri Studi lanjut bagi PNS Dosen dalam kaitannya dengan kenaikan jabatan, More »

Info Beasiswa

Beasiwa Dikti: Dalam Negeri Luar Negeri Beasiswa unggulan Kemdiknas Buku Panduan Beasiswa Unggulan Tahun 2011 Website Beasiswa Terpadu Dikti Indonesian-Germany Doctoral Scholarship (IGDS) Info Beasiswa S1/S2/S3 dalam dan luar negeri (di luar More »

Pembinaan Karir Jabatan Dosen

Pembinaan Karier Jabatan Dosen Pedoman Beban Kerja Dosen 2010 Lampiran beban kerja Dosen Beban Kerja Normal Petunjuk Pemakaian Perangkat Lunak Laporan Beban Kerja Dosen versi 7 Juni 2010, Ditjen Dikti Kemendiknas tahun More »

Beban Kerja Dosen

Pedoman Beban Kerja Dosen 2010 Lampiran beban kerja Dosen Beban Kerja Normal Petunjuk Pemakaian Perangkat Lunak Laporan Beban Kerja Dosen versi 7 Juni 2010, Ditjen Dikti Kemendiknas tahun 2010 Aplikasi Beban Kerja More »

Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN)

Semua dosen baik dosen tetap, dosen honorer maupun dosen Luar Biasa WAJIB memiliki NIDN Pengajuan NIDN Baru harus dilenkapi dengan dokumen penunjang yang lengkap: Scan KTP SK dosen tetap Surat pernyataan dosen More »

Batas Usia Pensiun Guru Besar

Permendiknas 09 Tahun 2008 tentang Perpanjangan Batas Usia Pensiun Pegawai Negeri Sipil yang Menduduki Jabatan Guru Besar/Profesor dan Pengangkatan Guru Besar/Profesor Emeritus SE Dirjen Dikti no. 769/E/T/2011: Perpanjangan BUP bagi PNS yang More »

Peluang Kerja

Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa profesi di bidang pertanian identik dengan kerja keras, keringat, kotor, kemiskinan, dan keterbelakangan. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Sarjana pertanian dituntut untuk mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian serta menyebarluaskannya untuk dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk pertanian sekaligus dapat memperbaiki taraf hidup petani.

Contoh sederhana dapat dikemukakan disini bahwa kita bisa membayangkan bagaimana nasib manusia yang hidup di permukaan bumi ini bila ilmu dan teknologi di bidang pertanian tidak berkembang. Padi yang dulunya hanya menghasilkan sekali dalam setahun, dengan teknologi dapat ditingkatkan menjadi sampai tiga kali setahun. Demikian juga dengan produk pertanian yang lain seprerti buah-buahan, sayur-sayuran, dan tanaman tahunan lainnya yang dapat ditingkatkan produksi dan kualitasnya. Dengan demikian, teori Malthus yang menyatakan bahwa pada suatu saat nanti manusia akan kekurangan makanan dapat terbantahkan dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian.

Mengingat demikian besarnya peranan ilmu pertanian dalam kelangsungan hidup manusia, didukung oleh negara kita yang sebagian besar mata pencahariannya adalah petani serta perhatian pemerintah Indonesia dan dunia yang besar terhadap sektor pertanian, maka kesempatan dan peluang kerja di bidang pertanian juga cukup besar.

Banyak lembaga-lembaga penelitian pertanian baik negeri dan suasta yang membutuhkan sarjana penelitian untuk pengembangan produksi dan kualitas hasil pertanian. Departemen dan Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Perlindungan Tanaman, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Balai Benih, Badan Pertanahan Nasionan, Bappeda, dan banyak lagi instansi yang terkait milik pemerintah yang membutuhkan sarjana pertanian.

Di lembaga suasta, sarjana pertanian banyak juga diperlukan di perusahaan perkebunan, hutan tanaman industri, dan perusahaan tanaman pangan dan hortikultura. Tidak sedikit juga sarjana pertanian yang terserap di supermarket, hotel, sampai perbankan.

Bila anda punya jiwa wirausaha, anda dapat mengembakan usaha agribisnis. Sebagai produsen dan distributor hasil pertanian ke hotel dan supermarket, model wirausaha seperti ini sangat menjanjikan terlebih lagi di daerah pariwisata, asalkan kita dapat menjaga kualitas dan kontinyuitasnya.