Training of Master Trainer UPSUS PP Pajale

Program pendampingan mahasiswa dalam upaya khusus (UPSUS) peningkatan produksi padi, jagung, dan kedele dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang telah ditentukan oleh Kementan. Pada tahun 2015, program pendampingan melibatkan 5 STPP dan 14 More »

Tes Wawancara Pendampingan Mahasiswa

PENGUMUMAN TES WAWANCARA Diumumkan kepada seluruh calon pendamping yang namanya tercantum dalam lampiran surat ini agar hadir pada tes wawancara yang akan diselenggarakan pada: Hari/tanggal : Jumat, 17 April 2015 Waktu : More »

Perubahan Jadwal Wawancara Pendampingan UPSUS

Berhubung terjadi pengunduran jadwal TOMT dan TOT serta penjelasan teknis pelaksanaan UPSUS dari Koordinator Pusat dan Wilayah maka jadwal wawancara calon peserta juga DIUNDUR. Pelaksanaan wawancara rencananya akan dilakukan pada hari Jumat, More »

Perpanjangan Penyerahan Formulir Pendampingan

Bagi yang berminat menjadi mahasiswa pendamping UPSUS Peningkatan Produksi Pajale, masih diberi kesempatan menyerahkan formulir pendaftaran sampai dengan Hari Senin, tanggal 13 April 2015 jam 10 WITA. Bila ada yang membutuhkan informasi More »

Formulir dan Pernyataan

Bila ada yang berminat agar mengisi formulir pendaftaran dan surat pernyataan kesediaan.  Formulir dan Surat Pernyataan dapat diambil di Sekretariat atau diunduh dari website ini. Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan dapat diunduh More »

Pendampingan Mahasiswa dalam Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung, dan Kedele

LOWONGAN – KESEMPATAN UNTUK MENJADI PENDAMPING KEGIATAN   Dibutuhkan sebanyak 51 orang mahasiswa dan alumni Fakultas Pertanian Universitas Udayana untuk dilibatkan dalam kegiatan “PENDAMPINGAN MAHASISWA DALAM UPAYA KHUSUS PENINGKATAN PRODUKSI PADI, JAGUNG, More »

DIRGAHAYU UNIVERSITAS UDAYANA

DIRGAHAYU UNIVERSITAS UDAYANA KE 52 29 SEPTEMBER 2014                         MEMPERHATIKAN BEBERAPA GAMBAR DIATAS DAN ANCUNGAN JEMPOL DARI BAPAK REKTOR YANG DIDAMPINGI DUA KEPALA More »

Lomba Vertikultur HUT FP ke-47 dan BKFP ke-36

Kamis 28 Agustus 2014 bertempat di Kebun Percobaan Pegok Fakultas Pertanian UNUD, diadakan lomba vertikultur antar organisasi kemahasiswaan Fakultas Pertanian (OKFP). Beragam ide dan kreasi unik dari para tim OKFP peserta lomba More »

Dua Dosen FP sebagai Peneliti Berprestasi 2012

Pada pemilihan peneliti berprestasi Universitas Udayana 2012, dua penghargaan diperoleh dosen Fakultas Pertanian. Keduanya adalah I Putu Sudiarta, SP.,M.Si.,Ph.D sebagai penerima penghargaan peneliti terbaik I untuk kategori eksata yunior dan Dr. Ir. More »

Hasil Akreditasi PS Agroekoteknologi dan Agribisnis memperoleh nilai A

Kedua Program Studi di Fakultas Pertanian Unud, yaitu Agroekoteknologi dan Agribisnis memperoleh nilai A hasil akreditaso BAN-PT tahun 2012 berdasarkan SK BAN-PT no 017 tahun 2012. Informasi lebih detail tentang hasil akreditas More »

Plagiat dan Info Penting Lainnya

Plagiat Cara mengacu kepustakaan dan plagiarisme Plagiarism: http://luk.tsipil.ugm.ac.id/plagiarism Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia QS Asian University Rankings 2011 QS Stars 2011 in Indonesia WEBOMETRICS July 2011 Thomson Reuters 2011 Versi 4icu January 2012 More »

Serba Serbi Journal, E-Journal, E-Book

Kriteria Jurnal Internasional Kumpulan Jurnal Direktori Situs terkait Komputasi ( 655 situs ) 16 Jurnal Nasional online Garda Rujukan Digistal, berisi jurnal domestik, tugas akhir mahasiswa, hasil penelitian dosen E-learning Perguruan Tinggi More »

Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah

Permendiknas no. 22 Tahun 2011: Terbitan Berkala Ilmiah (versi scan, situs asli) SK Dirjen Dikti no. 49/Dikti/Kep/2011: Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (versi scan, situs asli) Surat Edaran Direktur P2M no. 1313/E5.4/LL/2011: Pedoman More »

Pedoman Angka Kredit Dosen

Pedoman operasional perhitungan angka kredit dosen 2010 atau http://www.dikti.go.id/dmdocuments/PEDOMAN%20OPERASIONAL%202009_New.pdf Dasar Hukum Kepmenkowasbangpan No. 38/KEP/MK.WASPAN/8/1999 tentang jabatan fungsional Dosen dan angka kreditnya Keputusan Bersama No.61409/MPK/KP/99 dan 181 tahun 1999 tentang Petunjuk pelaksanaan jabatan More »

Info Serdos

Dasar Hukum UU. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Penjelasannya) UU no. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (situs asli) PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan PP No. 37 tahun 2009 tentang More »

Peluang Kerja

Sebagian orang ada yang beranggapan bahwa profesi di bidang pertanian identik dengan kerja keras, keringat, kotor, kemiskinan, dan keterbelakangan. Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Sarjana pertanian dituntut untuk mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian serta menyebarluaskannya untuk dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk pertanian sekaligus dapat memperbaiki taraf hidup petani.

Contoh sederhana dapat dikemukakan disini bahwa kita bisa membayangkan bagaimana nasib manusia yang hidup di permukaan bumi ini bila ilmu dan teknologi di bidang pertanian tidak berkembang. Padi yang dulunya hanya menghasilkan sekali dalam setahun, dengan teknologi dapat ditingkatkan menjadi sampai tiga kali setahun. Demikian juga dengan produk pertanian yang lain seprerti buah-buahan, sayur-sayuran, dan tanaman tahunan lainnya yang dapat ditingkatkan produksi dan kualitasnya. Dengan demikian, teori Malthus yang menyatakan bahwa pada suatu saat nanti manusia akan kekurangan makanan dapat terbantahkan dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian.

Mengingat demikian besarnya peranan ilmu pertanian dalam kelangsungan hidup manusia, didukung oleh negara kita yang sebagian besar mata pencahariannya adalah petani serta perhatian pemerintah Indonesia dan dunia yang besar terhadap sektor pertanian, maka kesempatan dan peluang kerja di bidang pertanian juga cukup besar.

Banyak lembaga-lembaga penelitian pertanian baik negeri dan suasta yang membutuhkan sarjana penelitian untuk pengembangan produksi dan kualitas hasil pertanian. Departemen dan Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Perlindungan Tanaman, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Balai Benih, Badan Pertanahan Nasionan, Bappeda, dan banyak lagi instansi yang terkait milik pemerintah yang membutuhkan sarjana pertanian.

Di lembaga suasta, sarjana pertanian banyak juga diperlukan di perusahaan perkebunan, hutan tanaman industri, dan perusahaan tanaman pangan dan hortikultura. Tidak sedikit juga sarjana pertanian yang terserap di supermarket, hotel, sampai perbankan.

Bila anda punya jiwa wirausaha, anda dapat mengembakan usaha agribisnis. Sebagai produsen dan distributor hasil pertanian ke hotel dan supermarket, model wirausaha seperti ini sangat menjanjikan terlebih lagi di daerah pariwisata, asalkan kita dapat menjaga kualitas dan kontinyuitasnya.