Training of Master Trainer UPSUS PP Pajale

Program pendampingan mahasiswa dalam upaya khusus (UPSUS) peningkatan produksi padi, jagung, dan kedele dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang telah ditentukan oleh Kementan. Pada tahun 2015, program pendampingan melibatkan 5 STPP dan 14 More »

Tes Wawancara Pendampingan Mahasiswa

PENGUMUMAN TES WAWANCARA Diumumkan kepada seluruh calon pendamping yang namanya tercantum dalam lampiran surat ini agar hadir pada tes wawancara yang akan diselenggarakan pada: Hari/tanggal : Jumat, 17 April 2015 Waktu : More »

Perubahan Jadwal Wawancara Pendampingan UPSUS

Berhubung terjadi pengunduran jadwal TOMT dan TOT serta penjelasan teknis pelaksanaan UPSUS dari Koordinator Pusat dan Wilayah maka jadwal wawancara calon peserta juga DIUNDUR. Pelaksanaan wawancara rencananya akan dilakukan pada hari Jumat, More »

Perpanjangan Penyerahan Formulir Pendampingan

Bagi yang berminat menjadi mahasiswa pendamping UPSUS Peningkatan Produksi Pajale, masih diberi kesempatan menyerahkan formulir pendaftaran sampai dengan Hari Senin, tanggal 13 April 2015 jam 10 WITA. Bila ada yang membutuhkan informasi More »

Formulir dan Pernyataan

Bila ada yang berminat agar mengisi formulir pendaftaran dan surat pernyataan kesediaan.  Formulir dan Surat Pernyataan dapat diambil di Sekretariat atau diunduh dari website ini. Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan dapat diunduh More »

Pendampingan Mahasiswa dalam Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung, dan Kedele

LOWONGAN – KESEMPATAN UNTUK MENJADI PENDAMPING KEGIATAN   Dibutuhkan sebanyak 51 orang mahasiswa dan alumni Fakultas Pertanian Universitas Udayana untuk dilibatkan dalam kegiatan “PENDAMPINGAN MAHASISWA DALAM UPAYA KHUSUS PENINGKATAN PRODUKSI PADI, JAGUNG, More »

DIRGAHAYU UNIVERSITAS UDAYANA

DIRGAHAYU UNIVERSITAS UDAYANA KE 52 29 SEPTEMBER 2014                         MEMPERHATIKAN BEBERAPA GAMBAR DIATAS DAN ANCUNGAN JEMPOL DARI BAPAK REKTOR YANG DIDAMPINGI DUA KEPALA More »

Lomba Vertikultur HUT FP ke-47 dan BKFP ke-36

Kamis 28 Agustus 2014 bertempat di Kebun Percobaan Pegok Fakultas Pertanian UNUD, diadakan lomba vertikultur antar organisasi kemahasiswaan Fakultas Pertanian (OKFP). Beragam ide dan kreasi unik dari para tim OKFP peserta lomba More »

Dua Dosen FP sebagai Peneliti Berprestasi 2012

Pada pemilihan peneliti berprestasi Universitas Udayana 2012, dua penghargaan diperoleh dosen Fakultas Pertanian. Keduanya adalah I Putu Sudiarta, SP.,M.Si.,Ph.D sebagai penerima penghargaan peneliti terbaik I untuk kategori eksata yunior dan Dr. Ir. More »

Hasil Akreditasi PS Agroekoteknologi dan Agribisnis memperoleh nilai A

Kedua Program Studi di Fakultas Pertanian Unud, yaitu Agroekoteknologi dan Agribisnis memperoleh nilai A hasil akreditaso BAN-PT tahun 2012 berdasarkan SK BAN-PT no 017 tahun 2012. Informasi lebih detail tentang hasil akreditas More »

Plagiat dan Info Penting Lainnya

Plagiat Cara mengacu kepustakaan dan plagiarisme Plagiarism: http://luk.tsipil.ugm.ac.id/plagiarism Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia QS Asian University Rankings 2011 QS Stars 2011 in Indonesia WEBOMETRICS July 2011 Thomson Reuters 2011 Versi 4icu January 2012 More »

Serba Serbi Journal, E-Journal, E-Book

Kriteria Jurnal Internasional Kumpulan Jurnal Direktori Situs terkait Komputasi ( 655 situs ) 16 Jurnal Nasional online Garda Rujukan Digistal, berisi jurnal domestik, tugas akhir mahasiswa, hasil penelitian dosen E-learning Perguruan Tinggi More »

Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah

Permendiknas no. 22 Tahun 2011: Terbitan Berkala Ilmiah (versi scan, situs asli) SK Dirjen Dikti no. 49/Dikti/Kep/2011: Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (versi scan, situs asli) Surat Edaran Direktur P2M no. 1313/E5.4/LL/2011: Pedoman More »

Pedoman Angka Kredit Dosen

Pedoman operasional perhitungan angka kredit dosen 2010 atau http://www.dikti.go.id/dmdocuments/PEDOMAN%20OPERASIONAL%202009_New.pdf Dasar Hukum Kepmenkowasbangpan No. 38/KEP/MK.WASPAN/8/1999 tentang jabatan fungsional Dosen dan angka kreditnya Keputusan Bersama No.61409/MPK/KP/99 dan 181 tahun 1999 tentang Petunjuk pelaksanaan jabatan More »

Info Serdos

Dasar Hukum UU. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Penjelasannya) UU no. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (situs asli) PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan PP No. 37 tahun 2009 tentang More »

Program Ekstensi (S1)

1. Profil

Program Ekstensi Fakultas Pertanian Universitas Udayana menerima lulusan SMA (IPA dan IPS) dan SMK (untuk PS. Agribisnis), dan untuk Agroekoteknologi hanya menerima lulusan SMA IPA.,baik sudah bekerja maupun yang akan bekerja, untuk dididik menjadi tenaga terampil dan memiliki kemampuan dalam menganalisis berbagai persoalan yang ada di masyarakat atau di dunia kerja.  Bagi yang sudah bekerja akan lebih siap menghadapi persaingan dalam mengembangkan karier yang telah dirintis.  Sedangkan bagi yang belum bekerja, diarahkan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang ada atau dibina untuk menciptakan peluang kerja bagi diri dan masyarakat sekitarnya.

Program Ekstensi Fakultas Pertanian Universitas Udayana membuka  Program Studi Agribisnis. dan Agroekoteknologi.

PS Agribisnis ini mengajarkan ilmu-ilmu Ekonomi yang banyak  dimanfaatkan oleh manajer dalam mengelola perusahaan, baik perusahaan agribisnis maupun non agribisnis dan pemberdayaan masyarakat lewat penyuluhan pembangunan.

PS. Agroekoteknologi mengajarkan berbagai ilmu yang berkaitan dengan teknik budidaya tanaman, pengendalian hama dan penyakit tanaman, termasuk pelestarian sumber daya alam seperti konservasi tanah dan air, teknologi pembuatan pupuk, pengindraan jauh, pengembangan wilayah dan geography Information System (GIS).

2. Kelebihan yang Ditawarkan

  1. Ijazah dan Wisuda sama dengan Program S1 Reguler
  2. Kuliah sore (Pk. 17.00 s.d 21.00 Wita) di Jl. PB. Sudirman Denpasar, sehingga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk bekerja pada pagi/siang hari.
  3. Program Studi Agribisnis, menerima tamatan SMA (Jurusan IPA dan IPS) dan SMK
  4. Dominan diasuh oleh tenaga Profesor (Guru besar), Doktor (S3) dan Master (S2) sama dengan S1 reguler
  5. Fasilitas ruang kuliah dilengkapi dengan Audio visual (Komputer, LCD, AC) dan fasilitas  praktikum memadai, sehingga tercipta suasana yang kondusif dalam proses pembelajaran.
  6. Kampus yang sangat srtategis yaitu di Jl. PB Sudirman Denpasar.

3. Dosen Pengajar

  1. Prof. Dr. Ir. I Gde Suyatna
  2. Prof. Dr. Ir. Nyoman Sutjipta, MS.
  3. Prof. Dr. Ir Wayan Windia
  4. Prof. Dr. Ir. Ketut Budi Susrusa, MS.
  5. Prof. Dr. Ir. Made Antara, MS.
  6. Prof. Dr. Ir. Dwi Putra Darmawan, MS.
  7. Prof. Dr. Ir. Made Narka Tenaya, MS.

4. Peluang Kerja

Sangat terbuka, karena dapat bekerja disegala lini,  seperti contoh berikut.

  1. Menciptakan lapangan kerja sendiri di bidang pertanian seperti wiraswasta jamur, tanaman hias, bibit tanaman sayur mayur, buah-buahan, agroindustri hulu (benih, pupuk, obat-obatan dan alat-alat mesin pertanian, agroindustri hilir (pasca panen) dan konsultan pertanian.
  2.  Instansi pemerintah seperti  Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan, Dinas Perhutanan, Dinas Peternakan,  Badan Pertanahan Nasional (BPN), Dinas Tata Kota, Humas, Tenaga pengajar (Dosen), dan Bank Pemerintah.
  3. Instansi Swasta  (Perusahaan-perusahaan)  seperti Agribisnis, Bank Swasta, Wirausaha Koperasi, hotel, dan presenter.

5. Sistem Pendidikan

  1. Pendaftaran dilakukan secara online.
  2. Lama pendidikan empat tahun atau delapan  semester
  3. Beban studi yang harus diselesaikan  minimal 144 dan maksimal  160 SKS termasuk KKN/Magang dan tugas akhir mahasiswa (Skripsi)
  4. Gelar yang diperoleh setelah selesai pendidikan adalah Sarjana Pertanian (SP).

6. Mata Kuliah di PS. Agribisnis

  • Dasar-dasar Manajemen
  • Dasar-dasar Akuntansi
  • Teknologi Informasi dan Multimedia
  • Pengantar Ekonomi Pertanian
  • Ekonomi Mikro
  • Sistem Subak
  • Manajemen Usahatani
  • Ekonomi Makro
  • Manajemen Teknologi Agribisnis
  • Kebijakan Bisnis
  • Sistem Rekayasa Agribisbis
  • Metode penelitian sosial
  • Kewirausahaan
  • Manajemen sumberdaya manusia

7. Pengelola Program

 Pelindung : Rektor Universitas Udayana
 Penanggung jawab : Dekan Fakultas Pertanian, Unud
 Ketua : Ir. Wayan Sudarta, M.S.
 Sekretaris : Ir. I Putu Dharma, M.Si.
 Bid. Administrasi : Dra. Ni Putu Santi Latri

 

Ketua Program Ekstensi FP Unud
Ir. Wayan Sudarta, M.S.
Sekretaris Program Ekstensi FP Unud
Ir I Putu Dharma, M.Si.

Informasi lebih detail tentang Program Ekstensi Fakultas Pertanian, Unud:

Sekretariat Program Ekstensi (S1) Fakultas Pertanian Unud
Gedung Fakultas Pertanian, Universitas Udayana
Jl. PB Sudirman Denpasar
Telp. 0361-222450