Jumpa Dekan FP Unud 2015

Acara Jumpa Dekan Fakultas Pertanian Unud dengan tema ‘’Bersama Meninjau Kampus Coklat untuk Membangun Fakultas Pertanian yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya’’, merupakan acara tahunan yang diselenggarakan di Aula Lt. IV Gedung Agrokompleks More »

BEM FP Unud Melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengabdian Kepada Masyarakat oleh BEM Fakultas Pertanian Universitas Udayana di Desa Bengkel, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan pada hari Minggu, tanggal 6 Desember 2015 dengan tema : Harmonisasi dalam Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan More »

Pelatihan Jurnalistik tingkat dasar (PJTD)

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Khlorofil Fakultas Pertanian Unud melaksanakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) dari tanggal 13-14 Desember 2015.  Kegiatan yang diikuti oleh 45 orang peserta berlangsung di Ruang Rapat Senat Fakultas More »

JADUAL KULIAH & PENGANTAR SEMESTER GENAP 2015-2016

Draft Pengantar Jadual Kuprak Smt Genap 2015_2016 Draft Jadual Kuprak Smt Genap Agribisnis 2015_2016-rev-1 Draft Jadual Kuprak Smt Genap Agroekotek 2015_2016-rev1 Draft Jadual Kuprak Smt Genap AP 2015_2016-rev-1 More »

REVITALISASI KEBUN PERCOBAAN FAKULTAS PERTANIAN

REVITALISASI KEBUN PERCOBAAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS UDAYANA JALAN PULAU MOYO 16X DENPASAR 80222 DIRESMIKAN OLEH REKTOR HARI SENEN TANGGAL 21 SEPTEMBER 2015                    More »

Simposium Internasioanl Bali ACLA 2015: PERUBAHAN PARADIGMA PARA ARSITEK LANSEKAP PADA DUNIA PERTANIAN

Sampai saat ini manusia masih tergantung pada sektor pertanian untuk memenuhi kebutuhan mereka. Produk pertanian masih merupakan sumber utama untuk makanan, obat-obatan dan penggunaan lainnya untuk mendukung kehidupan manusia, namun kita semua More »

Pengumuman Pengunduran Diri Supervisor

Kepada para supervisor/pemantau kegiatan Upsus Pajale di Provinsi Bali, mohon membaca surat terkait pengunduran diri sebagai supervisor/pemantau berikut …   Pengumuman Pengunduran Diri Supervisor More »

Bimbingan Teknis Upsus PP Pajale

Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka kegiatan “Pendampingan Mahasiswa pada Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung, dan Kedele” diselenggarakan merupakan kegiatan pembekalan kepada para pendamping (mahasiswa dan alumni) yang akan diterjunkan ke lokasi More »

Bimbingan Teknis Pendampingan Mahasiswa PP Pajale

Kepada para Pendamping Mahasiswa dalam rangka Peningkatan Produksi Padi, Jagung, dan Kedele bahwa BIMBINGAN TEKNIS (Bimtek) dilaksanakan selama 5 (lima) hari yaitu pada tanggal 29, 30 April, 4, 5, dan 6 Mei More »

Pengumuman Kelulusan Pendamping

Dengan hormat, sehubungan telah dilakukannya seluruh rangkaian perekrutan tenaga pendamping Upaya Khusus Peningkatan Produksi Padi, Jagung, dan Kedele, berikut disampaikan nama-nama calon pendamping yang dinyatakan LULUS seleksi … More »

Training of Master Trainer UPSUS PP Pajale

Program pendampingan mahasiswa dalam upaya khusus (UPSUS) peningkatan produksi padi, jagung, dan kedele dilakukan oleh Perguruan Tinggi yang telah ditentukan oleh Kementan. Pada tahun 2015, program pendampingan melibatkan 5 STPP dan 14 More »

Tes Wawancara Pendampingan Mahasiswa

PENGUMUMAN TES WAWANCARA Diumumkan kepada seluruh calon pendamping yang namanya tercantum dalam lampiran surat ini agar hadir pada tes wawancara yang akan diselenggarakan pada: Hari/tanggal : Jumat, 17 April 2015 Waktu : More »

Perubahan Jadwal Wawancara Pendampingan UPSUS

Berhubung terjadi pengunduran jadwal TOMT dan TOT serta penjelasan teknis pelaksanaan UPSUS dari Koordinator Pusat dan Wilayah maka jadwal wawancara calon peserta juga DIUNDUR. Pelaksanaan wawancara rencananya akan dilakukan pada hari Jumat, More »

Perpanjangan Penyerahan Formulir Pendampingan

Bagi yang berminat menjadi mahasiswa pendamping UPSUS Peningkatan Produksi Pajale, masih diberi kesempatan menyerahkan formulir pendaftaran sampai dengan Hari Senin, tanggal 13 April 2015 jam 10 WITA. Bila ada yang membutuhkan informasi More »

Formulir dan Pernyataan

Bila ada yang berminat agar mengisi formulir pendaftaran dan surat pernyataan kesediaan.  Formulir dan Surat Pernyataan dapat diambil di Sekretariat atau diunduh dari website ini. Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan dapat diunduh More »

Program Ekstensi (S1)

1. Profil

Program Ekstensi Fakultas Pertanian Universitas Udayana menerima lulusan SMA (IPA dan IPS) dan SMK (untuk PS. Agribisnis), dan untuk Agroekoteknologi hanya menerima lulusan SMA IPA.,baik sudah bekerja maupun yang akan bekerja, untuk dididik menjadi tenaga terampil dan memiliki kemampuan dalam menganalisis berbagai persoalan yang ada di masyarakat atau di dunia kerja.  Bagi yang sudah bekerja akan lebih siap menghadapi persaingan dalam mengembangkan karier yang telah dirintis.  Sedangkan bagi yang belum bekerja, diarahkan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja yang ada atau dibina untuk menciptakan peluang kerja bagi diri dan masyarakat sekitarnya.

Program Ekstensi Fakultas Pertanian Universitas Udayana membuka  Program Studi Agribisnis. dan Agroekoteknologi.

PS Agribisnis ini mengajarkan ilmu-ilmu Ekonomi yang banyak  dimanfaatkan oleh manajer dalam mengelola perusahaan, baik perusahaan agribisnis maupun non agribisnis dan pemberdayaan masyarakat lewat penyuluhan pembangunan.

PS. Agroekoteknologi mengajarkan berbagai ilmu yang berkaitan dengan teknik budidaya tanaman, pengendalian hama dan penyakit tanaman, termasuk pelestarian sumber daya alam seperti konservasi tanah dan air, teknologi pembuatan pupuk, pengindraan jauh, pengembangan wilayah dan geography Information System (GIS).

2. Kelebihan yang Ditawarkan

  1. Ijazah dan Wisuda sama dengan Program S1 Reguler
  2. Kuliah sore (Pk. 17.00 s.d 21.00 Wita) di Jl. PB. Sudirman Denpasar, sehingga memberikan peluang bagi mahasiswa untuk bekerja pada pagi/siang hari.
  3. Program Studi Agribisnis, menerima tamatan SMA (Jurusan IPA dan IPS) dan SMK
  4. Dominan diasuh oleh tenaga Profesor (Guru besar), Doktor (S3) dan Master (S2) sama dengan S1 reguler
  5. Fasilitas ruang kuliah dilengkapi dengan Audio visual (Komputer, LCD, AC) dan fasilitas  praktikum memadai, sehingga tercipta suasana yang kondusif dalam proses pembelajaran.
  6. Kampus yang sangat srtategis yaitu di Jl. PB Sudirman Denpasar.

3. Dosen Pengajar

  1. Prof. Dr. Ir. I Gde Suyatna
  2. Prof. Dr. Ir. Nyoman Sutjipta, MS.
  3. Prof. Dr. Ir Wayan Windia
  4. Prof. Dr. Ir. Ketut Budi Susrusa, MS.
  5. Prof. Dr. Ir. Made Antara, MS.
  6. Prof. Dr. Ir. Dwi Putra Darmawan, MS.
  7. Prof. Dr. Ir. Made Narka Tenaya, MS.

4. Peluang Kerja

Sangat terbuka, karena dapat bekerja disegala lini,  seperti contoh berikut.

  1. Menciptakan lapangan kerja sendiri di bidang pertanian seperti wiraswasta jamur, tanaman hias, bibit tanaman sayur mayur, buah-buahan, agroindustri hulu (benih, pupuk, obat-obatan dan alat-alat mesin pertanian, agroindustri hilir (pasca panen) dan konsultan pertanian.
  2.  Instansi pemerintah seperti  Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan, Dinas Perhutanan, Dinas Peternakan,  Badan Pertanahan Nasional (BPN), Dinas Tata Kota, Humas, Tenaga pengajar (Dosen), dan Bank Pemerintah.
  3. Instansi Swasta  (Perusahaan-perusahaan)  seperti Agribisnis, Bank Swasta, Wirausaha Koperasi, hotel, dan presenter.

5. Sistem Pendidikan

  1. Pendaftaran dilakukan secara online.
  2. Lama pendidikan empat tahun atau delapan  semester
  3. Beban studi yang harus diselesaikan  minimal 144 dan maksimal  160 SKS termasuk KKN/Magang dan tugas akhir mahasiswa (Skripsi)
  4. Gelar yang diperoleh setelah selesai pendidikan adalah Sarjana Pertanian (SP).

6. Mata Kuliah di PS. Agribisnis

  • Dasar-dasar Manajemen
  • Dasar-dasar Akuntansi
  • Teknologi Informasi dan Multimedia
  • Pengantar Ekonomi Pertanian
  • Ekonomi Mikro
  • Sistem Subak
  • Manajemen Usahatani
  • Ekonomi Makro
  • Manajemen Teknologi Agribisnis
  • Kebijakan Bisnis
  • Sistem Rekayasa Agribisbis
  • Metode penelitian sosial
  • Kewirausahaan
  • Manajemen sumberdaya manusia

7. Pengelola Program

 Pelindung : Rektor Universitas Udayana
 Penanggung jawab : Dekan Fakultas Pertanian, Unud
 Ketua : Ir. Wayan Sudarta, M.S.
 Sekretaris : Ir. I Putu Dharma, M.Si.
 Bid. Administrasi : Dra. Ni Putu Santi Latri

 

Ketua Program Ekstensi FP Unud
Ir. Wayan Sudarta, M.S.
Sekretaris Program Ekstensi FP Unud
Ir I Putu Dharma, M.Si.

Informasi lebih detail tentang Program Ekstensi Fakultas Pertanian, Unud:

Sekretariat Program Ekstensi (S1) Fakultas Pertanian Unud
Gedung Fakultas Pertanian, Universitas Udayana
Jl. PB Sudirman Denpasar
Telp. 0361-222450