DIRGAHAYU UNIVERSITAS UDAYANA

DIRGAHAYU UNIVERSITAS UDAYANA KE 52 29 SEPTEMBER 2014                         MEMPERHATIKAN BEBERAPA GAMBAR DIATAS DAN ANCUNGAN JEMPOL DARI BAPAK REKTOR YANG DIDAMPINGI DUA KEPALA More »

Lomba Vertikultur HUT FP ke-47 dan BKFP ke-36

Kamis 28 Agustus 2014 bertempat di Kebun Percobaan Pegok Fakultas Pertanian UNUD, diadakan lomba vertikultur antar organisasi kemahasiswaan Fakultas Pertanian (OKFP). Beragam ide dan kreasi unik dari para tim OKFP peserta lomba More »

Dua Dosen FP sebagai Peneliti Berprestasi 2012

Pada pemilihan peneliti berprestasi Universitas Udayana 2012, dua penghargaan diperoleh dosen Fakultas Pertanian. Keduanya adalah I Putu Sudiarta, SP.,M.Si.,Ph.D sebagai penerima penghargaan peneliti terbaik I untuk kategori eksata yunior dan Dr. Ir. More »

Hasil Akreditasi PS Agroekoteknologi dan Agribisnis memperoleh nilai A

Kedua Program Studi di Fakultas Pertanian Unud, yaitu Agroekoteknologi dan Agribisnis memperoleh nilai A hasil akreditaso BAN-PT tahun 2012 berdasarkan SK BAN-PT no 017 tahun 2012. Informasi lebih detail tentang hasil akreditas More »

Plagiat dan Info Penting Lainnya

Plagiat Cara mengacu kepustakaan dan plagiarisme Plagiarism: http://luk.tsipil.ugm.ac.id/plagiarism Peringkat Perguruan Tinggi Indonesia QS Asian University Rankings 2011 QS Stars 2011 in Indonesia WEBOMETRICS July 2011 Thomson Reuters 2011 Versi 4icu January 2012 More »

Serba Serbi Journal, E-Journal, E-Book

Kriteria Jurnal Internasional Kumpulan Jurnal Direktori Situs terkait Komputasi ( 655 situs ) 16 Jurnal Nasional online Garda Rujukan Digistal, berisi jurnal domestik, tugas akhir mahasiswa, hasil penelitian dosen E-learning Perguruan Tinggi More »

Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah

Permendiknas no. 22 Tahun 2011: Terbitan Berkala Ilmiah (versi scan, situs asli) SK Dirjen Dikti no. 49/Dikti/Kep/2011: Pedoman Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah (versi scan, situs asli) Surat Edaran Direktur P2M no. 1313/E5.4/LL/2011: Pedoman More »

Pedoman Angka Kredit Dosen

Pedoman operasional perhitungan angka kredit dosen 2010 atau http://www.dikti.go.id/dmdocuments/PEDOMAN%20OPERASIONAL%202009_New.pdf Dasar Hukum Kepmenkowasbangpan No. 38/KEP/MK.WASPAN/8/1999 tentang jabatan fungsional Dosen dan angka kreditnya Keputusan Bersama No.61409/MPK/KP/99 dan 181 tahun 1999 tentang Petunjuk pelaksanaan jabatan More »

Info Serdos

Dasar Hukum UU. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas (Penjelasannya) UU no. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (situs asli) PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan PP No. 37 tahun 2009 tentang More »

Gelar Akademik dan Sebutan Profesional

Kepmendiknas No. 178/U/2001: Gelar dan Lulusan Perguruan Tinggi (pdf) Lampiran Kepmendikbud yang berisi Daftar jenis gelar akademik Sarjana, Magister dan Sebutan Profesi Surat Penataan Nomenklatur Program Studi Psikologi, Komunikasi, Komputer dan Lanskap More »

Info Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Informasi Hibah Penelitian Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri (Rapid). Panduan Hibah Bersaing Panduan Penelitian Fundamental Panduan Hibah Penelitian Strategis Prioritas Panduan Penelitian Unggulan Strategis Nasional 2011 Panduan Hibah Pasca Panduan Hibah More »

Info Tugas Belajar dan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Tugas Belajar dan Ijin Belajar Pembayaran Tunjangan Profesi bagi Dosen yang Studi Lanjut dengan Biaya Sendiri Lampiran Pernyataan Studi Lanjut Biaya Sendiri Studi lanjut bagi PNS Dosen dalam kaitannya dengan kenaikan jabatan, More »

Info Beasiswa

Beasiwa Dikti: Dalam Negeri Luar Negeri Beasiswa unggulan Kemdiknas Buku Panduan Beasiswa Unggulan Tahun 2011 Website Beasiswa Terpadu Dikti Indonesian-Germany Doctoral Scholarship (IGDS) Info Beasiswa S1/S2/S3 dalam dan luar negeri (di luar More »

Pembinaan Karir Jabatan Dosen

Pembinaan Karier Jabatan Dosen Pedoman Beban Kerja Dosen 2010 Lampiran beban kerja Dosen Beban Kerja Normal Petunjuk Pemakaian Perangkat Lunak Laporan Beban Kerja Dosen versi 7 Juni 2010, Ditjen Dikti Kemendiknas tahun More »

Beban Kerja Dosen

Pedoman Beban Kerja Dosen 2010 Lampiran beban kerja Dosen Beban Kerja Normal Petunjuk Pemakaian Perangkat Lunak Laporan Beban Kerja Dosen versi 7 Juni 2010, Ditjen Dikti Kemendiknas tahun 2010 Aplikasi Beban Kerja More »

Program Magister (S2)

Fakultas Pertanian Universitas Udayana memiliki 4 program magister (S2), yaitu:

1. Magister Bioteknologi Pertanian

Program Studi Bioteknologi Pertanian dibuka tahun 1999 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dengan Nomor SK : 187/Dikti/Kep/1999. Tahun pertama kali program studi menerima beasiswa adalah pada tahun 1999. Program Studi Bioteknologi Pertanian, merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang mengajarkan tetang ilmu bioteknologi khusus di bidang pertanian. Mahasiswa dari PS. Bioteknologi Pertanian berasal dari staf PTN/PTS yang ada di Bali dan luar Bali serta kalangan swasta yang ingin membangun usaha di bidang pertanian yang berbasis bioteknologi. Mulai tahun 2012 PS. Magister Bioteknologi Pertanian yang terakreditasi dengan peringkat A (SK BAN-PT No : 003/BAN-PT/Ak-IX/S2/V/2012) memiliki Program Double Degree dengan Ibaraki University Japan.

Lulusan PS. Magister Bioteknologi Pertanian akan mendapatkan gelar ”M.P.” untuk program reguler dan M.Agr. untuk Program Studi Double Degree. Lebih detail…

2. Magister Ilmu Lingkungan

Program Studi Magister Ilmu Lingkungan diselenggarakan untuk dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan akademik dan mampu mengembangkan ilmu lingkungan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, pembangunan dan keharmonisan lingkungan hidup. Magister Ilmu Lingkungan memiliki 2 konsentrasi, yaitu Lingkungan Pesisir dan Environmental Remote Sensing. Spesifikasi dari masing-masing konsentrasi tersebut adalah:

  • Lingkungan Pesisir, mencakup wilayah ke laut yang masih dipengaruhi oleh daratan dan wilayah ke darat yang masih dipengaruhi oleh laut, termasuk mengelola daerah hulu.
  • Environmental Remote Sensing, mempelajari dan mengembangkan penginderaan jauh dibidang lingkungan dan teknologi GIS untuk sumberdaya alam, kelautan, interaksi udara dan laut, siklus karbon global, perubahan iklim dan eksplorasi lingkungan laut, pesisir dan daratan, serta pemanfaatan teknologi Remote Sensing dalam mitigasi bencana.

Program Magister Ilmu Lingkungan memiliki program double degree Yamaguchi Uiversity, Jepang. Terakreditasi B tahun 2012. Lebih detail…

3. Magister Agribisnis

Program Studi Magister Agribisnis diselenggarakan berdasarkan Ijin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No.2538/D/T/2001, tanggal 2 Agustus 2001. Setelah berjalan 10 tahun, operasionalnya diperpanjang melalui Perpanjangan Ijin No.3454/D/T/K-N/2010.Dalam perjalanan lima tahun pertama, Prodi Magister Agribisnis mampu meraih nilai akreditasi B yang dilegalisasi melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No.019/BAN-PT/ak-v/S2/XII/2006, tanggal 16 Desember 2006, yang berlaku sampai dengan 16 Desember 2011.Kemudian, pada Tahun 2012, berdasarkan penilai borang dan asesmen lapang BAN-PT menyatakan Prodi Magister Agribisnis terakreditasi dengan nilai A .

Tamatan Prodi Magister Agribisnis diberikan gelar Magister Agribisnis yang ditulis secara singkat M.Agb. Lebih detail…


4. Magister Pertanian Lahan Kering

Program Studi Magister Pertanian Lahan Kering berdiri pada tanggal 29 April 1999 dengan Nomor : 188/DIKTI/Kep/1999, Dalam perjalanannya Pertanian Lahan Kering mempunyai potensi yang sangat besar dalam menunjang pembangunan pertanian secara luas. Masalah yang sering muncul dalam pengelolaan lahan kering adalah terjadinnya degradasi lahan sebagai akibat dari pemanfaatan lahan yang tidak benar. Laju perubahan lahan subur ke lahan marginal tidak bisa direm, hal ini sangat dipicu oleh sistem pertanian yang tidak diperhitungkan bahwa tanah adalah hidup yang perlu dikelola dengan benar, karena tanah dengan jejaring kehidupan alami yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa perlu dikelola dengan baik sesuai dengan kaedah-kaedah alam ( system organic ). Program Studi Magister Pertanian Lahan Kering terakreditasi A pada tahun 2012. Lebih detail…

Informasi tentang program magister (S2) yang ada di Universitas Udayana, Klik disini…