Program Magister (S2)

Fakultas Pertanian Universitas Udayana memiliki 4 program magister (S2), yaitu:

1. Magister Bioteknologi Pertanian

Program Studi Bioteknologi Pertanian dibuka tahun 1999 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dengan Nomor SK : 187/Dikti/Kep/1999. Tahun pertama kali program studi menerima beasiswa adalah pada tahun 1999. Program Studi Bioteknologi Pertanian, merupakan satu-satunya lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang mengajarkan tetang ilmu bioteknologi khusus di bidang pertanian. Mahasiswa dari PS. Bioteknologi Pertanian berasal dari staf PTN/PTS yang ada di Bali dan luar Bali serta kalangan swasta yang ingin membangun usaha di bidang pertanian yang berbasis bioteknologi. Mulai tahun 2012 PS. Magister Bioteknologi Pertanian yang terakreditasi dengan peringkat A (SK BAN-PT No : 003/BAN-PT/Ak-IX/S2/V/2012) memiliki Program Double Degree dengan Ibaraki University Japan.

Lulusan PS. Magister Bioteknologi Pertanian akan mendapatkan gelar ”M.P.” untuk program reguler dan M.Agr. untuk Program Studi Double Degree. Lebih detail…

2. Magister Ilmu Lingkungan

Program Studi Magister Ilmu Lingkungan diselenggarakan untuk dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan akademik dan mampu mengembangkan ilmu lingkungan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, pembangunan dan keharmonisan lingkungan hidup. Magister Ilmu Lingkungan memiliki 2 konsentrasi, yaitu Lingkungan Pesisir dan Environmental Remote Sensing. Spesifikasi dari masing-masing konsentrasi tersebut adalah:

  • Lingkungan Pesisir, mencakup wilayah ke laut yang masih dipengaruhi oleh daratan dan wilayah ke darat yang masih dipengaruhi oleh laut, termasuk mengelola daerah hulu.
  • Environmental Remote Sensing, mempelajari dan mengembangkan penginderaan jauh dibidang lingkungan dan teknologi GIS untuk sumberdaya alam, kelautan, interaksi udara dan laut, siklus karbon global, perubahan iklim dan eksplorasi lingkungan laut, pesisir dan daratan, serta pemanfaatan teknologi Remote Sensing dalam mitigasi bencana.

Program Magister Ilmu Lingkungan memiliki program double degree Yamaguchi Uiversity, Jepang. Terakreditasi B tahun 2012. Lebih detail…

3. Magister Agribisnis

Program Studi Magister Agribisnis diselenggarakan berdasarkan Ijin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional No.2538/D/T/2001, tanggal 2 Agustus 2001. Setelah berjalan 10 tahun, operasionalnya diperpanjang melalui Perpanjangan Ijin No.3454/D/T/K-N/2010.Dalam perjalanan lima tahun pertama, Prodi Magister Agribisnis mampu meraih nilai akreditasi B yang dilegalisasi melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No.019/BAN-PT/ak-v/S2/XII/2006, tanggal 16 Desember 2006, yang berlaku sampai dengan 16 Desember 2011.Kemudian, pada Tahun 2012, berdasarkan penilai borang dan asesmen lapang BAN-PT menyatakan Prodi Magister Agribisnis terakreditasi dengan nilai A .

Tamatan Prodi Magister Agribisnis diberikan gelar Magister Agribisnis yang ditulis secara singkat M.Agb. Lebih detail…


4. Magister Pertanian Lahan Kering

Program Studi Magister Pertanian Lahan Kering berdiri pada tanggal 29 April 1999 dengan Nomor : 188/DIKTI/Kep/1999, Dalam perjalanannya Pertanian Lahan Kering mempunyai potensi yang sangat besar dalam menunjang pembangunan pertanian secara luas. Masalah yang sering muncul dalam pengelolaan lahan kering adalah terjadinnya degradasi lahan sebagai akibat dari pemanfaatan lahan yang tidak benar. Laju perubahan lahan subur ke lahan marginal tidak bisa direm, hal ini sangat dipicu oleh sistem pertanian yang tidak diperhitungkan bahwa tanah adalah hidup yang perlu dikelola dengan benar, karena tanah dengan jejaring kehidupan alami yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa perlu dikelola dengan baik sesuai dengan kaedah-kaedah alam ( system organic ). Program Studi Magister Pertanian Lahan Kering terakreditasi A pada tahun 2012. Lebih detail…

Informasi tentang program magister (S2) yang ada di Universitas Udayana, Klik disini…