Program Sarjana (S1)

Saat ini Fakultas Pertanian, Universitas Udayana memiliki 3 Program Studi (PS), yaitu PS Agroekoteknologi, PS Agribisnis, dan PS Arsitektur Pertamanan, setelah beberapa kali mengalami perubahan untuk penyempurnaan. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan di Fakultas Pertanian, Unud adalah 8 semester dengan total SKS yang harus ditempuh minimal 144 SKS untuk ketiga PS sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Mahasiswa yang dapat diterima di Fakultas Pertanian, Unud harus mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa yang dilakukan setiap setahun sekali. Kuliah biasanya dimulai Bulan September. Dalam mengikuti kuliah, mahasiswa Fakultas Pertanian dibimbing oleh 145 orang dosen, diantaranya 97 berpendidikan S2, dan 45 orang berstrata S3 pada tahun 2013 dan akan terus mengalami peningkatan level pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pada beberapa tahun ke depan karena saat ini cukup banyak staf dosen yang sedang melanjutkan pendidikan ke jenjang S3.

Di tahun 2011 Fakultas Pertanian memiliki 639 mahasiswa, 284 berasal dari PS Agroekoteknologi dan 355 dari PS Agribisnis. Angka ini akan terus mengalami perubahan sesuai dengan dinamika jumlah mahasiswa yang diterima dan yang telah lulus. Rata-rata waktu kuliah mahasiwa adalah 10,6 semester untuk PS Agroekoteknologi dan 8,37 untuk PS Agribisnis, dengan rata-rata IP kumulatif 3,37 dan 3,29 masing-masing untuk PS Agroekoteknologi dan PS Agribisnis.

Gelar yang diperoleh setelah menyelesaikan pendidikan di Fakultas Pertanian adalah ‘SP’ (Sarjana Pertanian) untuk mahasiswa  PS Agroekoteknologi dan PS Agribisnis, sementara mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan di PS Arsitektur Pertamanan akan  memperoleh gelar ‘S.Arl’ (Sarjana Arsitektur Lansekap).